Benarkah Libido Wanita Meningkat Saat Masa Subur? Ini Jawaban Lengkapnya

menigkatkan-libido-wanita

SpesialisKehamilan.com – Untuk mengatakan bahwa Libido wanita meningkat saat masa subur, kita bisa mengawalinya dari pengetahun tentang apa saja yang bisa meningkatkan libido seorang wanita.

Umumnya ada 3 faktor yang mempengaruhi naik turunnya libido seorang wanita, yaitu kondisi psikis, reaksi hormonal dan sentuhan. Saat Anda mencium aroma wangi tertentu, atau saat Anda mengkonsumsi makanan tertentu, sangat mungkin menimbulkan naiknya libido. Karena semua itu mempengaruhi kerja hormon.  

Ini bukanlah hal yang aneh kok, tenang saja. Umumnya, baik pria maupun wanita pasti pernah melakukan fantasi seksual. Fantasi seksual terkadang memang dibutuhkan guna membangkitkan gairah atau libido saat berhubungan seksual bersama pasangan.

Berkaitan dengan libido wanita meningkat, sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa wanita yang sedang berada dalam masa subur biasanya lebih sering melakukan fantasi seksual. Bahkan pada masa-masa tersebut, mereka juga lebih mudah terangsang.

Sedang pada wanita lajang, fantasi seksual lebih sering terjadi selama masa subur dari siklus menstruasi mereka ketimbang hari-hari biasanya.

Riset tersebut dilakukan oleh Samantha Dawson beserta timnya dari University of Lethbridge, Alberta, Kanada, melibatkan 27 wanita heteroseksual berusia antara 18 dan 30 tahun yang sedang tidak terikat dalam sebuah hubungan atau tidak menggunakan pil kontrasepsi.

 

Kemudian setiap peserta diperintahkan mengisi buku harian secara online tentang seberapa sering mereka berfantasi seksual selama satu bulan.

 

Peneliti juga mengamati para wanita selama 10 hari ketika memasuki masa subur. Selama periode tersebut, masing-masing perempuan diminta untuk menjalani tes urin.

 

Dari hasil kajian tersebut diketahui bahwa relawan wanita rata-rata mengalami 0,77 fantasi seksual setiap harinya. Tetapi memasuki periode ovulasi selama tiga hari, fantasi seksual meningkat menjadi 1,3 kali per hari dan proporsi ini lebih tinggi daripada pria.

 

Peneliti yang memublikasikan temuannya dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menyimpulkan, “fantasi seksual secara signifikan lebih sering terjadi selama ovulasi ketimbang ketika masa tidak subur.”

“Temuan ini juga mendukung penelitian lainnya yang menyebutkan bahwa puncak kesuburan terjadi bersamaan dengan peningkatan hasrat seksual, gairah, dan motivasi seksual pada wanita,” terang Dawson.

Demikianlah artikel tentang benarkah libido wanita meningkat saat masa subur. Tetap jaga kesehatan Anda supaya masa subur tidak terganggu. Olahraga cukup, hindari stres dan cukupi nutrisi dengan baik dan seimbang. Jika perlu, Anda bisa memanfaatkan madu murni untuk mempertahankan daya tahan tubuh dan kesuburan.

Jangan lupa share artikel ini di media sosial Anda supaya lebih banyak orang mendapatkan manfaat dan pengetahun lebih tentang masa subur wanita. Terimaksih.