Yang Terjadi pada BUMIL Beberapa Minggu Sebelum Persalinan?

Tips Cepat Hamil Setelah Keguguran

Jika Anda adalah BUMIL, maka pada trimester terakhir, berat badan Anda mungkin hanya sedikit bertambah. Cairan ketuban akan makin berkurang sejak hamil 37 minggu. Kontraksi mungkin juga akan makin sering terasa. Tubuh akan mempersiapkan persalinan dengan leher rahim yang mulai merenggang dengan melepaskan lendir.

Selama kehamilan, lendir ini menutupi jalan lahir untuk mencegah bakteri masuk. Sehingga keluarnya lendir menjadi pertanda bahwa persalinan akan terjadi dalam waktu dekat.

Minggu ke-37 adalah masa terakhir kelas senam kehamilan jika Anda menjalaninya. Minggu itu juga menjadi minggu terakhir persiapan persalinan. Saat pulang dari rumah sakit, pastikan rumah Anda telah siap untuk menyambut kehadiran bayi.

 

Lalu Apa Saja yang Perlu Anda Periksakan?

Normalnya dalam durasi dua jam, Anda akan merasakan minimal dua gerakan bayi. Jika Anda tidak merasakan gerakan tersebut dalam dua jam, tunggu hingga beberapa lama. Ketika masih tidak ada pergerakan yang terasa, segera periksakan diri ke dokter.

Pada umumnya wanita akan melahirkan pada usia kehamilan 38-42 minggu. Namun pada masa kehamilan 41 minggu, dokter biasanya akan memutuskan apakah perlu dilakukan tindakan lain seperti stimulasi, caesar atau masih menunggu untuk proses kelahiran normal.

Jika ada bagian tubuh Anda bengkak, tidak perlu terlalu kahwatir, karena bengkak adalah kondisi yang umum pada masa kehamilan. Namun jika Anda merasakan pembengkakan yang berlebihan pada tangan, wajah, atau kaki, Anda patut waspada dan memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu kondisi lain yang patut Anda waspadai adalah diabetes gestasional, anemia, dan intrauterine growth restriction (IUGR) atau pertumbuhan janin yang terhambat. Semua ini dapat dipantau keberadaannya dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan secara teratur.

 

Lalu Apa Saja yang Perlu Anda Perhatikan?

Anda dan pasangan Anda barangkali telah mendengar banyak nasihat dan persiapan persalinan. Pada usia kehamilan 39 minggu, Anda barangkali akan merasa resah menantikan bayi yang belum lahir. Hal yang diperlukan adalah tetap tenang dan berpikir positif. Menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat dapat menjadi pilihan tepat.

Tetaplah optimis bahwa semuanya akan berjalan baik. Anda bisa mengerti bahwa jutaan wanita sebelum Anda sudah berhasil menjalani proses persalinan dengan baik. Itu lah yang sebentar lagi akan Anda rasakan. Tidak perlu khawatir, Anda tidak satu-satunya wanita yang harus melalui proses ini.

Malahan, banyak wanita lain yang ingin cepat mempunyai anak, tapi tidak kunjung dikaruniai juga. Anda patut bersyukur jika sekarang ini sedang menjalani proses kehamilan. Apabila ada yang ingin Anda konsultasikan seputar kehamilan, silakan kunjungi menu “KONSULTASI” yang sudah tersedia. Terimakasih.