Inilah 3 Tahapan Persalinan Yang Perlu Anda Ketahui

Tahapan Persalinan dan Perkembangan Janin

Bagi calon ibu yang sekarang ini sedang menjalani proses kehamilan, sangat penting kiranya untuk mengetahui 3 tahapan persalinan. Dengan pengetahuan ini setidaknya Anda tidak akan terlalu kaget saat terjadi atau merasakan sesuatu saat proses persalinan.

Tidak hanya calon ibu, suami juga perlu mengetahui 3 tahap persalinan ini. Meski yang mengalami proses persalinan adalah calon ibu, tetap tidak bisa kita pungkiri bahwa calon ayah juga memegang peran penting. Sebab itu calon ayah juga perlu mengetahui 3 tahapan persalinan ini.

Sebisa mungkin, meski ini adalah kali pertama Anda menjalani proses persalinan, tidak perlu terlalu tegang. Rasa tegang itu justru nanti sangat mungkin menghambat karena otot-otot sekitar jalan lahir tidak bisa rileks dan sedikit kehilangan daya elastisitas.

Disinilah peran penting suami dan pendamping proses melahirkan bayi. Sangat baik jika mereka tetap memposisikan Anda secara santai, baik itu santai secara fisik maupun pikiran. Ajak calon ibu bercakap, bercengkrama dan bercanda supaya rasa sakit sedikit teralihkan.

 

Anda perlu tahu bahwa dalam dunia hipnotis, pengalihan perhatian pikiran merupakan salah satu teknik terbaik untuk menghilangkan rasa sakit. Jika Anda adalah suami, maka bangunlah optimisme pada calon ibu.

 

Tapi jika Anda adalah calon ibu, maka bangunlah optimisme Anda sendiri. semakin optimis dan santai, maka semakin mudah pula proses persalinan. Ingatlah, tidak hanya Anda yang menjalani proses persalinan. Masih ada jutaan wanita lainnya, dan mereka bisa melewati proses persalinan dengan sehat dan melahirkan buah hati yang sangat lucu.

Cara Mengatasi Demam Pada Bayi

Bayi Adalah Karunia Tuhan YME

Bahkan banyak wanita yang sekarang ini ingin berada di posisi Anda. Mengalami kehamilan dan sebentar lagi akan melahirkan bayi lucu. Banyak orang yang sudah lama menikah tapi belum juga dikaruniai anak. Tapi sekarang, Anda mendapatkan anugrah bisa mengalami hamil cepat tanpa harus menunggu waktu lebih lama.

 

Nah, sesudah Anda mengetahui apa yang perlu Anda lakukan menjelang dan saat menjalani proses persalinan, kini saatnya Anda ketahui 3 tahapan persalinan. Berikut adalah tahapannya:

  1. Tahap pertama: dimulai ketika leher rahim telah terbuka hingga kira-kira 10 cm dengan tanda kontraksi tiap 5 menit sekali. Pada tahap ini sebaiknya Anda telah menuju ke rumah sakit bersalin atau bidan.
  2. Tahap kedua: leher rahim telah terbuka 10 cm ke atas hingga bayi Anda lahir. Proses ini mungkin memerlukan waktu beberapa jam. Disinilah sikap optimis serta rileks seorang calon ibu sangat diperlukan.
  3. Tahap ketiga: keluarnya plasenta dari jalan lahir. Tahap ini bisa memakan waktu 5 hingga 30 menit. Setelah proses ini selesai, maka Anda bisa tersenyum karena Anda sudah berhasil melahirkan buah hati Anda dengan selamat.

 

Bagaimana Tubuh Kita Membentuk Anti Nyeri Alami Saat Proses Persalinan?

Dalam proses persalinan, saat Anda mengejan, kepala bayi akan terlihat pada lubang vagina, kondisi ini kita sebut crowning. Pada saat ini, Anda akan merasakan nyeri dan seperti tersengat di area vagina. Itu terjadi karena lubang vagina yang merenggang dan terbuka lebar. Pada posisi ini, berhentilah mengejan! Biarkanlah kontraksi dalam rahim secara alami mendorong bayi Anda keluar.

Bersabar dan biarkan rasa nyeri serta kontraksi dalam rahim terjadi. Hayatilah seluruh gerakan yang ada pada tubuh Anda. Lalu alirkan rasa nyeri itu ke seluruh tubuh supaya bisa ternetralisir dengan baik.

 

Tidak perlu terlalu khawatir karena rasa nyeri itu hanya akan berlangsung selama beberapa detik yang kemudian akan diikuti rasa kebas. Hal ini disebabkan peregangan lapisan vagina membuat syaraf dan aliran darah menjadi terhambat hingga menjadi pereda nyeri alami yang sangat efektif.

 

Demikianlah artikel tentang “Tahapan Persalinan” ini saya sampaikan. Semoga Anda bisa melalui proses kehamilan dan persalinan dengan lancar tanpa halangan apa pun. Apabila ada yang ingin Anda konsultasikan seputar kehamilan, silakan berkonsultasi di >> Konsultasi Kehamilan. Terimakasih.