Meski Tidak Keluar di Dalam, Apakah Tetap Bisa Hamil?

Penyebab Kehamilan

Tanya:

Selamat pagi Dok.

Jika saat berhubungan sperma tidak dikeluarkan di dalam apakah kemungkinan bisa hamil? Tolong dijawab ya dok terimakasih.

 

Jawab:

Selamat pagi juga, terimakasih telah bertanya ke SpesialisKehamilan.com terkait ejakulasi dan kehamilan.

Meski pun saat ejakulasi penis sudah ada di luar vagina, tetap masih memungkinkan terjadi kehamilan. Itu karena kita tidak tahu secara pasti apakah sperma ada yang tertinggal dan masuk ke vagina ataukah tidak.

Terkadang, kita tidak tahu secara pasti kapan sperma pertama kali keluar saat bersenggama. Kadang juga ada sel sperma yang ikut bersama cairan semen saat ereksi mulai memuncak.

Perlu Anda tahu. Sperma adalah sel gamet yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria (testis). Sperma terejakulasi melalui spenis pria bersama dengan cairan semen. Setelah sperma terejakulasi di luar tubuh, berbagai faktor eksternal mulai mempengaruhinya.

Menurut para ahli medis, dalam tubuh wanita, sperma dapat hidup hingga 5 hari. Sedangkan sperma yang dibiarkan di udara terbuka (seperti pakaian atau tempat tidur yang kering) akan mati setelah cairan semen mengering, atau sekitar 20 menit hingga 1 jam tergantung kondisi.

Namun dalam air (seperti bak mandi air hangat atau air panas), sperma akan cenderung hidup lebih lama. Meski demikian, kemungkinan sperma yang berada di air dan menemukan jalan ke vagina wanita pada saat ia berenang dan menyebabkan kehamilan sejauh ini masih sangat rendah.

Salam sehat dan bugar,

Tim Konsultasi SKH

 

Perhatian: Semua jawaban bukan merupakan rujukan medis. Bukan pula merupakan pengganti anjuran dan rujukan Dokter. Informasi dalam SpesialisKesehatan.com merupakan informasi alternatif yang bertujuan untuk memperkaya pengetahuan Anda seputar kehamilan.