Kapan Masa Subur Wanita Terjadi?

Menghitung-masa-subur-wanita

Masa Subur Wanita – Tiap pasangan pasti ingi mempunyai keturunan. Sebab itu, kerap kali seorang wanita, atau bahkan pria sangat penasaran apa itu masa subur dan kapan terjadinya. Karena, masa subur sangat mempengaruhi terjadinya ovulasi atau pembuahan sel telur oleh sperma.

Saat masa subur, setelah sperma berhasil membuahi sel telur, maka terjadilah kehamilan. Pada masa ini, bertahan atau tidaknya kehamilan tergantung bagaimana kondisi rahim, psikologis dan pemenuhan nutrisi. Tidak jarang setelah terjadi kehamilan, wanita sering mengalami keguguran.

Karena berbagai alasan di atas, maka sangat penting kiranya bagi kaum wanita, untuk mengetahui apa itu masa subur.

Masa subur adalah waktu dimana indung telur (ovarium) melepaskan sel telur (ovum) yang sudah siap dibuahi ke dalam saluran indung telur (tuba falopi). Bila sel telur berhasil bertemu sperma dan mengalami pembuahan, maka kemungkinan besar terjadi kehamilan dan melahirkan bayi.

Perlu Anda tahu bahwa masa subur wanita biasanya berlangsung 2 minggu usai wanita menstruasi.

Simulasinya seperti ini: Bila seorang wanita menstruasi pada tanggal 1, maka masa suburnya sekitar tanggal 16. Itu Cuman perkiraan ya. Untuk lebih pasti dan bisa memperoleh data yang akurat maka pemeriksaan USG, atau laboratiorium (ovutest) bisa menjadi pilihan tepat.

Karena masa subur tidak berlangsung lama, maka tiap pasangan harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Bisa dibilang, masa subur merupakan kesempatan emas yang jangan sampai dilewatkan jika Anda ingin mempunyai keturunan.

Normalnya masa subur hanya berlangsung antara 12-24 jam usai ovum dilepaskan. Setelah waktu itu, maka ovum bersama jaringan akan luruh dan dibuang melalui tuba falopi. Situasi ini lah yang biasa kita sebut dengan masa menstruasi. Siklus ini biasanya berlangsung dalam 28-35 hari, selama maksimal 15 hari.

 

 

Lalu Bagaimana Anda Memanfaatkan Masa Subur Tersebut Untuk Memperoleh Kehamilan? 

Dalam Mayo Clinic Family Health Book dijelaskan bahwa hubungan seksual yang terjadi pada masa subur berpeluang besar menghasilkan keturunan. Hubungan tersebut haruslah terjadi 72 jam (3 hari) sebelum ovum memasuki tuba falopi.

Itu berarti, Anda sebaiknya melakukan hubungan intim 3 hari sebelum asa subur itu terjadi. Mengapa harus seperti itu?

Ya, karena sperma sendiri diketahui bisa bertahan kurang lebih 3 hari di dalam rahim, bila berhasil melewati vagina dan melalui saluran serviks sepanjang 2,5 sentimeter, maka bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Demikianlah artikel tentang apa itu masa subur wanita. Tetap jaga kesehatan Anda supaya masa subur tidak terganggu. Olahraga cukup, hindari stres dan cukupi nutrisi dengan baik dan seimbang. Jika perlu, Anda bisa memanfaatkan madu murni untuk meningkatkan kesuburan dan daya tahan tubuh.

Jangan lupa share artikel ini di media sosial Anda supaya lebih banyak orang mendapatkan manfaat dan pengetahun lebih tentang masa subur wanita. Terimaksih.